Bimtek SAKTI

Bimtek SAKTI

Sebagai wujud komitmen Inspektorat Jenderal dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik dan pengelolaan keuangan yang akuntabel, efektif dan efisien serta untuk meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Keuangan di lingkungan Inspektorat Jenderal, Sekretariat Inspektorat Jenderal menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) bagi Pengelola Keuangan pada Satuan Kerja Inspektorat Jenderal secara hybrid pada tanggal 18 - 20 Januari 2023 di Pusdiklat Kementerian Luar Negeri.

Kegiatan Bimtek diikuti oleh seluruh Pengelola Keuangan di lingkungan Inspektorat Jenderal yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sekretariat Inspektorat Jenderal dan PPK seluruh Inspektorat Wilayah, Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSM) serta staf Pengelola Keuangan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka transfer of knowledge Cluster keuangan antara Pengelola Keuangan yang lama kepada Pengelola Keuangan yang baru, serta memperkuat kemampuan para Pengelola Keuangan dalam penggunaan aplikasi yang mendukung kegiatan dan tugas pengelolaan keuangan.

Dalam pembukaannya, Sekretaris Inspektorat Jenderal Azis Nurwahyudi menyampaikan apresiasi atas kinerja dan pencapain yang baik dalam pengelolaan keuangan selama tahun 2022, dimana realisasi anggaran Inspektorat Jenderal tahun anggaran 2022 mencapai 99.98%. Hal yang dicapai dengan tidak mudah dan penuh tantangan karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Inspektorat Jenderal. Lebih lanjut, Sekretaris Inspektorat Jenderal mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan komunikasi antar Pengelola Keuangan dan menciptakan pengelolaan keuangan yang cepat, tanggap, fleksibel dan akuntabel.  

Sekretariat  Inspektorat Jenderal